BUKIT CUMBRI BUKIT PEMIKAT HATI

(klik foto untuk ukuran asli)

Apa kabar pecinta alam Indonesia? Semoga selalu dengan kabar kegembiraan di manapun kalian berada. Kali ini saya akan membahas tentang bukit yang saat ini begitu populer di kalangan traveler. Bukit Cumbri, bukit yang satu ini memang penuh pesona dari berbagai sisi. Bagaimana tidak? Ketika berada diatas bukit ini kalian akan langsung melihat panorama alam 360 derajat yang super pecah dari ketinggian. Yang paling istimewa dan tentunya menjadi spot favorit para fotografer adalah sisi timur dimana ada batu besar yang menonjol dengan backgroud gugusan bukit bukit kecil berjajar dibelakangnya. Kalian juga bisa mendirikan tenda jika ingin menikmati suasana malam bukit cumbri dan germerlap lampu kota Reog Ponorogo. Dibagian timur puncak, cukup dengan 1 tenda isi 4 orang atau bisa juga 2 tenda dengan sedikit memaksa. Jangan khawatir untuk rombongan banyak, karena space untuk tenda di bagian barat puncak ada banyak. So don’t worry to build a tend.

(photo by @ahdiyakahism on instagram)

Lokasi bukit cumbri terletak di perbatasan Jatim-Jateng, tepatnya di kabupaten Ponorogo dan Wonogiri. Jadi sebgian bukit ini wilayah Ponorogo dan sebaigan lagi wilayah Wonogiri. Yang paling mudah untuk membedakan ketika kalian ada dipuncak itu adalah di Wonogiri. Sedangkan view gugusan bukit di timur adalah Ponorogo.

Sedikit cerita, pertama kali saya ke bukit ini pada tanggal 29 Juni 2015 dengan jalan yang belum mudah seperti sekarang (seperti jalan cinta yang tidak mudah begitu saja). Untuk mencapai puncak saya sempat beberapa kali merangkak karena tanjakan yang begitu tinggi. Namun perjuangan tersebut amat sangat terbayar oleh keindahan bukit ini. Sekarang kalian tidak perlu khawatir akses mendaki bukit cumbri. Karena setelah banyak pengunjung kemari, warga sekitar bukit mempermudah akses menuju punjak dengan memperbaiki jalan setapaknya. Just say no to merangkak again hahahaha.

Waktu yang tepat untuk ke bukit cumbri adalah pagi hari sebelum matahari terbit dan bukan weekend. Karena weekend pasti rame. Kalau beruntung matahari terbit akan diiringi kabut di sekitar bukit cumbri. Sunrise plus kabut adalah best momentnya cumbri. Jadi kalian harus mulai mendaki sekitar pukul 4 pagi karena durasi dari parkiran sampai ke puncak kurang lebih 40 menit tergantung dengan kondisi fisik masing masing. Ada tiga jalur untuk mencapai puncak. Ini dia jalurnya:

  • jalur desa Pagerukir kecamatan Sampung kab Ponorogo Jatim (timur bukit)
  • jalur desa Biting kecamatan purwantoro kab Wonogiri Jateng (selatan bukit)
  • jalur desa Kepyar kecamatan Purwantoro kab Wonogiri Jateng (barat bukit)

dari ketiga jalur tersebut yang paling mudah ialah jalur desa Kepyar karena banyak jalan yang landai. Bagi yang belum pernah kesini, saya sarankan mengajak yang sudah pernah. Karena jalan menuju lokasi sedikit membingungkan. Bisa juga dengan search di maps “gunung cumbri”, atau kontak saya lewat instagram @abusyiri barangkali saya bisa membantu karena rumah saya lumayan berdekatan dengan bukit cumbri. Tidak ada biaya masuk ke tempat super pecah ini. Kalian hanya dikenakan biaya parkir sekitar 2000 rupiah.

 

 

(klik foto untuk ukuran asli)

Bagaimana? Sudahkah kalian tertarik dengan bukit cumbri? Segeralah ijakan kaki kalian disini! Oke sekian dulu guys ulasan mengenai cumbri, semoga informasinya bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas feel free to ask in comment. Salam dari ALAM INDONESIA RAYA !!!

2 thoughts on “BUKIT CUMBRI BUKIT PEMIKAT HATI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *